MEMO

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang 'pusaka' yang akan Anda butuhkan saat ujian.

Memo

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang 'pusaka' yang akan Anda butuhkan saat ujian.

Apa itu 'memo'?

Mungkin dari teman-teman masih banyak yang bingung, nih. Maksudnya 'memo' OS apa sih? Jadi, 'memo' OS adalah salah satu tugas mingguan kalian sebagai peserta kuliah OS. Di awal perkuliahan nanti, kalian akan diberitahu untuk *WAJIB* membuat 'memo' OS setiap minggu dan akan diperiksa di setiap awal minggu yang dihitung berdasarkan 2 pertemuan/minggu. Jadi, jika pada hari perkuliahan ada hari libur, maka hari tersebut tidak dihitung dan akan dihitung di hari pertemuan berikutnya.


Isi 'memo' OS apa aja sih? Nah, sebenernya kalian bebas mengisi 'memo' kalian, entah dengan jawaban soal, istilah penting, rangkuman buku, curhat juga boleh. Tapi ingat yaa, 'memo' ini akan kalian bawa pas ujian. Jadi, isinya jangan asal-asalan yaa...

Mengapa perlu membuat 'memo' dengan baik dan benar?


TUGAS WAJIB

'Memo' adalah salah satu tugas yang wajib kalian kerjakan tiap minggunya, dan 'memo' itu dinilai tiap minggu. Kalau kalian tidak mengerjakan 'memo', nilai kalian minggu itu akan berkurang.

NILAI KEAKTIFAN

Ingin nilai OS yang bagus? Buat 'memo' yang lengkap. Kenapa? Karena, keaktifan kalian di kelas akan dinilai. Setiap minggunya, keaktifan akan menyumbang 1% pada nilai akhir kalian. Sehingga, jika minggu perkuliahan kira-kira 11 minggu dan kalian tidak pernah aktif dalam kelas, maka nilai akhir kalian maksimal hanya 89. Nah, 'memo' akan membantu kalian untuk aktif dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja diajukan oleh dosen kalian, bermodalkan pre-knowledgeyang kalian dapatkan dari 'memo'.

PRE-KNOWLEDGE

'Memo' sangat membantu kalian untuk mendapatkan pre-knowledge sebelum perkuliahan dimulai. 'Memo' ini akan membantu kalian memahami beberapa konsep yang kalian akan pelajari pada minggu tersebut.


SIAP UJIAN

Tidak perlu repot bikin 'memo' ulang setiap menjelang ujian. Setiap ujian, baik itu UTS ataupun UAS, kalian akan diminta untuk membawa 'memo' OS yang telah kalian buat selama perkuliahan OS berlangsung. Nah, jika kalian sudah membuat 'memo' yang bagus dari awal, kalian tidak perlu repot-repot lagi membuat 'memo' ulang. Kalian tinggal melengkapi bagian yang mungkin kurang lengkap dari 'memo' kalian.

MASTER SOAL TEORI

Khusus untuk UTS, kebanyakan soalnya adalah soal teori. Biasanya, soal UTS itu lebih banyak menguji pengetahuan kalian mengenai teori-teori dasar OS. Sehingga, alangkah lebih baiknya jika kalian membuat 'memo' yang lengkap dan mencakup semua materi yang telah kalian pelajari.


Tips dalam membuat 'memo'

Latihan soal akan membantu kalian membuat 'memo' OS yang bagus. Kenapa? Karena, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pola soal ujian untuk mata kuliah OS itu hampir sama. Sehingga, jika kalian mencoba mengerjakan latihan soal, setidaknya kalian akan sedikit mengerti materi-materi yang seperti apa saja yang akan diujikan. Kalian juga bisa memasukkan jawaban latihan soal ke 'memo' OS kalian.

Jika kalian sudah mendapatkan penjelasan di minggu awal perkuliahan, seharusnya kalian sudah tau mengenai folder extra di badak. Di setiap folder week di badak, akan terdapat beberapa file seperti demo, slide kuliah, dan lain-lain. Nah, pada slide silberschatz (yang kodenya Wxx-OSC-chxx, xx menandakan angka), kalian akan mendapatkan tulisan-tulisan biru. Nah, tulisan biru tersebut adalah istilah-istilah penting yang sebaiknya kalian masukkan ke 'memo' kalian, terutama untuk minggu-minggu yang lebih berat ke teori (lihat latihan soal yaa untuk tau minggu mana saja yang berat ke teori).

Demo itu apa sih? Singkatnya, file demo itu adalah file-file program yang mencakup materi yang dipelajari pada minggu itu. Kenapa sangat penting untuk mengerti file demo? Karena, file demo tersebut akan sangat berguna untuk membantu kalian mengerti materi pada minggu tersebut, terutama minggu-minggu setelah UTS yang lebih berat ke programming. Kalian bisa memasukkan catatan-catatan penting untuk mengerti soal-soal yang mirip dengan file demo tersebut ke 'memo' kalian.

Memo kalian tidak akan selesai hanya dengan sekali tulis saja. Setiap kalian mendengarkan penjelasan dari dosen pengajar, kalian akan menyadari bahwa masih ada beberapa bagian yang kurang dari memo kalian. Selain itu, kalian juga bisa bertanya mengenai materi-materi yang belum kalian mengerti pada dosen pengajar kalian. Jadi, jangan malas mendengarkan penjelasan dosen dan meng-update 'memo' kalian yah.

Buat kalian yang mungkin punya budget lebih untuk membeli alat tulis, membuat 'memo' yang berwarna akan sedikit membantu untuk membuat 'memo' kalian lebih mudah dibaca dan tidak terkesan monoton. Tapi, tidak terlalu penting juga siih. Yang penting kalian bisa mengerti apa yang kalian tulis di 'memo' kalian.


Selain tips yang disebutkan di atas, kalian juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika membuat 'memo' OS seperti ketentuan format penulisan nama, QR code, dan lain-lain.